08
Mei
2013

Pengumuman Seleksi Tahap I YP 2014/2015

Selamat untuk ke-136 peserta yang lulus seleksi tahap I Year Program 2014/2015. Daftar peserta yang lulus dapat dilihat di sini



KAPAN SELEKSI TAHAP 2 AKAN DILAKSANAKAN?

Waktu        : Minggu, 19 Mei 2013
Tempat      : SMAN 1 Karawang, Jl. A. Yani No 22, Karawang
Jam           : Peserta akan dibagi dalam 2 kelompok wawancara yaitu:
-       Kelompok pagi harus hadir jam 8.30
-       Kelompok siang harus hadir jam 12.00
Perincian kelompok wawancara sudah dijelaskan dalam pengumuman di atas. Perhatikan dengan teliti pembagian kelompok tersebut.
  
Catatan: kartu peserta wajib dibawa, dan panitia tidak menyediakan konsumsi sehingga peserta harap membawa konsumsi sendiri. Peserta harap membawa minimal satu (1) buku bacaan bekas untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan dalam program Book Drive Chapter Karawang.


APA MATERI SELEKSI TAHAP 2?

Wawancara kepribadian dalam Bahasa Indonesia dan wawancara Bahasa Inggris.


APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN?
Setiap peserta seleksi yang lulus menuju tahap 2, wajib menyerahkan beberapa dokumen dan formulir khusus sebagai berikut:
  • 1 (satu) lembar surat dari sekolah yang menjelaskan bahwa peserta masih terdaftar aktif sebagai siswa dan diizinkan mengikuti seleksi program pertukaran pelajar Bina Antarbudaya.
  • 2 (dua) set aplikasi pendaftaran (diunduh dan dicetak dari pendaftaran online).
  • 2 (dua) lembar salinan ijazah (STTB) beserta salinan nilai ijazah SLTP yang telah disahkan/dilegalisir oleh Kepala Sekolah (cap harus asli).
  • 1 (satu) lembar salinan nilai SKHU UAS dan UAN SLTP.
  • 1 (satu) lembar salinan rapor kelas III SLTP (Semester terakhir) yang telah disahkan/dilegalisir oleh Kepala Sekolah (cap harus asli).
  • 1 (satu) lembar salinan rapor kelas I SMA (Semester I) yang telah disahkan/dilegalisir oleh Kepala Sekolah (cap harus asli).
  • 1 (satu) set formulir rekomendasi yang telah diisi oleh 3 pihak yang telah disebutkan dalam pendaftaran online dan masing-masing dimasukkan dalam amplop tertutup yaitu rekomendasi dari teman dekat, dari lingkungan sekolah dan dari lingkungan rumah/organisasi. Formulir diunduh dan dicetak dari pendaftaran online.
  • 2 (dua) buah pas foto terbaru ukuran 4 x 6 cm dan 1 (satu) buah ukuran 3 x 4 cm.
  • 1 (satu) lembar salinan Akte Kelahiran.
  • 1 (satu) lembar salinan paspor halaman pertama yang tertera foto (bagi yang sudah
    memiliki paspor).
  • 1 (satu) lembar penyataan dan persetujuan siswa akselerasi khusus untuk siswa akselerasi.
  • 2 (dua) buah stofmap folio Diamond warna biru tua.
Semua dokumen dimasukkan dalam stofmap folio Diamond warna biru tua, dan wajib diserahkan ke Relawan Daftar Ulang di SMAN 1 Karawang (KANTIN LANTAI 2) pada hari Sabtu 18 Mei 2013 jam 13.00-16.00. 

Peserta yang tidak menyerahkan seluruh berkas tersebut pada waktu yang telah ditentukan akan dianggap mengundurkan diri.


APA "DRESS CODE" UNTUK SELEKSI TAHAP 2?
  • Pakaian bebas, rapi dan sopan.
  • Dilarang menggunakan seragam sekolah. Ingat, seleksi ini menilai kualitas diri adik, bukan sekolah adik.
  • Dilarang menggunakan kaos, gunakan kemeja/blus.
  • Dilarang menggunakan rok atau celana panjang dari bahan jeans/denim/sejenisnya, gunakan dari bahan kain umum.
  • Dilarang menggunakan sandal, harus bersepatu.

SIAPA RELAWAN YANG DAPAT DIHUBUNGI?

Bila peserta mengalami kesulitan untuk seleksi tahap 2 ini silahkan hubungi salah satu dari 4 orang kakak Relawan di bawah ini:

Kak Daeng 0852 823 951 25
Kak Wina 0856 2211 657
Kak Tiara Putri 0896 527 139 75
Kak Nurul 0812 948 550 22

Relawan tidak melayani sms, silahkan menghubungi melalui telpon langsung setelah jam 18.00.

Selamat berjuang di seleksi tahap 2!


You may also like

85 komentar:

  1. Thanks to Kakak admin untuk postingannya di sela-sela kuliah yang padat :).

    Btw ada koreksi sedikit ya: waktu penyerahan berkas bukan jam 13.00-17.00 tapi jam 13.00-16.00. Please pay attention to it, kasian volunteer-nya mau malam mingguan ga bisa entar :)

    BalasHapus
  2. Mau nanya nih, kan kartu peserta saya rusak, kalo mau minta cap lagi kapan ya? Terima kasih...

    BalasHapus
  3. Wah kenapa rusak adik? Mestinya dijaga baik-baik. Emang ga kebaca? Silahkan hubungi relawan yang tertulis di atas saja.

    BalasHapus
  4. Iya, ketumpahan air gitu ka. Masih kebaca sih, cuma ya gak rapi aja gitu keliatannya -_- Oke, terima kasih ya ka :)

    BalasHapus
  5. Anonim5/09/2013

    kak mau tanya nih... itu rapor smp semster terakhir di legalisir kepala sekolah ? nah kepala sekolah saya itu ganti... jadi kepalasekolah yang sekarang aja ? makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lah kepsek yang sekarang dong. Btw lain kali tulis namanya kalo nanya ya. Di bagian bawah tulisan aja kalau ga punya google account.

      Pertanyaan bisa diajukan di blog ini tapi kakak tidak selalu baca, jadi better tanya ke relawan yang namanya tertulis di atas.

      Hapus
  6. Anonim5/09/2013

    kak dapet formulir penndaftarannya dimana yaa? saya udah cek akun tpi belum ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya masuk ke online reg seperti dulu dengan user name dan pass yang sama seperti dulu. Nanti pilih transkip formulir. Cuma barusan kakak cek memang ga bisa. Sabar ya, kakak cek ke pusat dulu.

      Hapus
  7. kak kartu peserta saya hilang bagaimana ya? :( nggak bisa download lagi ya? *sighhhh help me*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan sudah dibilangin itu kartu ga boleh hilang sampai dengan masa adik terakhir ikut seleksi. Please deh........

      Hapus
    2. iya saya tau kak tapi mau gimana lagi? aduh.. T_T saya juga ga pengen kartunya ilang kan

      Hapus
  8. rizal habibi gumbara5/09/2013

    kira-kira kapan ya kak bisa transkrip formulirnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copas jawaban di atas.

      Seharusnya masuk ke online reg seperti dulu dengan user name dan pass yang sama seperti dulu. Nanti pilih transkip formulir. Cuma barusan kakak cek memang ga bisa. Sabar ya, kakak cek ke pusat dulu.

      Hapus
  9. kak yang 2 set aplikasi pendaftaran (diunduh dan dicetak dari pendaftaran online) itu yang mana kak? terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Copas jawaban di atas:

      Seharusnya masuk ke online reg seperti dulu dengan user name dan pass yang sama seperti dulu. Nanti pilih transkip formulir. Cuma barusan kakak cek memang ga bisa. Sabar ya, kakak cek ke pusat dulu.

      Hapus
  10. U/ yang bingung cara unduh aplikasi pendaftaran, begini caranya:

    1) Buka web http://seleksi.bina-antarbudaya.info 9address yang sama saat adik mendaftar di awal.

    2) Log in dengan user name dan password yang sama dengan sebelumnya adik gunakan.

    3) Klik "transkip formulir" di kanan atas. Kalau tidak bisa dibuka, buka/open di new tab atau new windows. Kakak sudah coba dan bisa. Jadi ga ada alesan kaliana ga bisa ya adik2.

    BalasHapus
  11. Tambahan: saat "transkip formulir" sudah terbuka, perhatikan perintah di atas baik2 sbb:

    Cetaklah transkrip ini dengan orientasi portrait pada kertas HVS A4. Gunakan Firefox/Safari/Chrome/Internet Explorer untuk mencetak, dilarang menggunakan Word.
    Untuk menyimpan transkrip ini, tekan Ctrl+S (atau Cmd+S di Mac) dan pilih jenis 'Web page, complete'.
    Pada saat mencetak, pastikan tulisan pada formulir ini terbaca seluruhnya

    BalasHapus
  12. rizal habibi gumbara5/09/2013

    mau tanya nih kak, di biodatanya itu saya salah ada yang salah ketik di email ... harusnya @gmail.com saya mala @gmal.com ..... bagaimana itu kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba untuk diedit oleh kami karena kesalahan kecil

      Hapus
    2. rizal habibi gumbara5/09/2013

      terus ga apa2 kak di print aja ?

      Hapus
  13. anggun5/09/2013

    formulir yang rekomendasinya dimana ya kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaaah yang ini kakak sedang tanyakan ke IT pusat. Sabar ya. Seharusnya ada di akun adik, tapi kakak liat memang belum muncul.

      Hapus
  14. kak foto saya yang di transkrip formulir 2 ga kebuka... gimana itu ?

    BalasHapus
  15. Hmmm.....pagi nanti dicoba lagi ya. Plus kakak tanyain ke IT pusat. Sleepy aaaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetep kak gakebuka T_T

      Hapus
  16. anggun permata5/10/2013

    kak di akun aku, menu yang diatas kayak transkrip formulir, log out dll gaad, bgaimana ini ? T_T

    BalasHapus
  17. kak, saya ingin tanya mengenai transkrip formulir di profil saya, tidak dapat saya buka. mohon penjelasannya kak. terima kasih

    BalasHapus
  18. kak jadinya, form surat rekomendasi bisa diunduh dimana?

    BalasHapus
  19. Anonim5/10/2013

    kak, kan buat rekomendasi formulir mesti di unduh dulu yakan?
    tapi kok engga ada ya. terima kasih :D

    BalasHapus
  20. Untuk transkip formulir dan surat rekomendasi sabaaaaaar ya..... masih diolah oleh pusat. Karawang kecepetan pengumumannya :)

    Diusahakan hari ini segera bisa diunduh.

    BalasHapus
  21. hari ini kak? tp surat rekomendasinya msh belum ada. infoin kita dong kak klw udh bisa :) oh iya mau tanya klw yg 1 lembar surat dari sekolah yang menjelaskan bahwa peserta masih terdaftar aktif sebagai siswa dan diizinkan mengikuti seleksi program pertukaran pelajar Bina Antarbudaya itu dikasih formnya atau bkn sendiri d sekolah kak?

    BalasHapus
  22. CAPE deeeeeeeh. Kayaknya lama nunggu dai IT Pusat. So, gini aja, untuk adik2 yang butuh cepet template surat rekomendasi, bisa minta by email ke daftarkarawang@gmail.com nanti akan kakak send.

    Sebetulnya bisa diposting di blog ini, tapi kakak2 mimin biasanya masih pada kualiah. Jadiiii yang mau cepet, send email to kakak ya.

    BalasHapus
  23. ka, kan sudah login, tp tulisannya "pendaftaran telah berhasil" gimana dong kaaaa T.T
    itu salah saya juga sih kak, saya malah ceroboh ngisinya di "cara pendaftaran".. tapi pas login, malah tulisannya kayak gituuu T.T

    BalasHapus
  24. Ka, form surat rekomendasi nya tuh yg ini bukan ya? http://seleksi.bina-antarbudaya.info/assets/rekomendasi.pdf aku liat dari blog nya Chapter Bandung..

    BalasHapus
  25. Ini link untuk unduh surat rekomendasi
    http://2013.seleksi.bina-antarbudaya.info/assets/rekomendasi.pdf

    BalasHapus
  26. Savira Latifah Hanum5/10/2013

    Kak, surat formulir nya diunduh? dicetaknya format word apa firefox/chrome? Thanks.

    BalasHapus
  27. 2 (dua) set aplikasi pendaftaran (diunduh dan dicetak dari pendaftaran online). itu berupa apa ya kak ? terus di unduh dimana ?

    BalasHapus
  28. Tolong sebelum pada tanya adik2 baca baik2 pertanyaan dan jawaban di atas yaaaa. Semua sudah dijawab kakak sebelum ini. Kalau masih bingung telp relawan yang bertugas.

    BalasHapus
  29. PAY ATTENTION, please:

    -------------
    Cara unduh APLIKASI PENDAFTARAN:

    1) Buka web http://2013.seleksi.bina-antarbudaya.info (address yang sama saat adik mendaftar di awal).

    2) Log in dengan user name dan password yang sama dengan sebelumnya adik gunakan. Kalau lupa hubungi daftarkarawang@gmail.com

    3) Klik "transkip formulir" di kanan atas. Kalau tidak bisa dibuka, klik kanan di mouse adik, buka/open di new tab atau new windows.
    Foto memang tidak muncul karena akan ditempel (kan adik diminta kumpulin pas foto, nah itu yang akan ditempel).
    Kalau sampai ga muncul fasilitas "transkip formulir" coba buka pake browser lainnya (kalau sebelumnya adik buka pake internet explorer, coba buka pake firefox atau mozilla, dan sebaliknya.
    ---------------

    Untuk unduk SURAT REKOMENDASI, kalau belum muncul di akun adik, silahkan keluar dari akun adik dan unduh dari link ini:
    http://2013.seleksi.bina-antarbudaya.info/assets/rekomendasi.pdf

    BalasHapus
  30. Apa yang dilakukan jika LUPA PASSWORD?


    1) Pastikan adik ingat email yang adik masukkan saat mendaftar, karena password baru akan dikirim ke sini.
    2) Buka http://2013.seleksi.bina-antarbudaya.info
    3) Di bawah tulisan login ada tulisan "saya lupa password saya", klik tulisan itu
    4) Masukkan username adik, kalau upa masukkan nomor peserta.
    5) Ikuti langkah selanjutnya dengan memasukkan kode yang diminta
    6) Klik "lanjutkan"
    7) Kantor pusat akan mengirimkan password adik ke email adik
    8) Gunakan password tsb untuk login ke akun adik
    9) Please jangan pernah lupa password lagi yaaaaaa

    BalasHapus
  31. Anonim5/12/2013

    Ka kalau pas poto itu pake seragam atau pakaian bebas ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada aturan. Silahkan saja diatur sendiri

      Hapus
    2. Anonim5/14/2013

      kalo gayanya bebas ?
      berarti ga resmi ka ??

      Hapus
  32. Kak, SKHU UAS sama dengan Ijazah tidak? Dari sekolah saya tidak ada SKHU UAS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga sama. Di SKHU hanya ada 1 sisi tampilan berisi pernyataan lulus dan di bawahnya nilai UN. Sedangkan ijazah ada 2 sisi, di depan hanya tulisan + foto, dibaliknya nilai lengkap ujian sekolah + UN.

      Hapus
  33. Frisca Olivia5/12/2013

    kak, aku ada yang salah tulis waktu pengisian form online kemarin itu. Saya tulis anak ke-3 dari 1 bersaudara padahal seharusnya anak ke-1 dari 3 bersaudara. Boleh nggak kak saya ganti di hasil print-outnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan. Atau kalau cuma kesalahan minim mungkin kami bisa bantu. Tapi kesalahan banyak dan fatal kami tidak bisa bantu karena itu kesalahan adik sendiri. Kakak coba dulu.

      Hapus
    2. Kakak sudah cek di web ternyata data adik tidak salah kok.

      Hapus
  34. Anonim5/13/2013

    kak, kalau kartu peserta hilang, tapi masih ada simpanan kartu peserta lagi, boleh minta cap lagi?
    maaf ya kak, ngulang pertanyaan diatas.
    makasih

    icha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tapi sekali ini saja. Lain kali lebih hati2 dan serius menjaga properti adik ya.

      Hapus
  35. Anita Haryanti5/14/2013

    kak di biodata saya salah memilih kota, seharusnya Subang tapi pas dilihat lagi ternyata Karawang, gimana dong?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu kota chapter. Kan adik masuk chapter Karawang

      Hapus
    2. Anita Haryanti5/14/2013

      Maaf kak maksud saya, saya salah memilih alamat kota saya, gimana dong kak?

      Hapus
    3. Noted. Bisa kakak rubah kalau cuma simple begini.

      Hapus
  36. cut shabilla irvany5/14/2013

    Kak saya ada kesalahan di formnya. Disitu tertulis anak ke 3 dari 1 bersaudara. Harusnya anak ke 1 dari 3 bersaudara. Itu bagaimana ya kak? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Noted. Ini sudah laporan ke 2. Kakak laporkan ke IT pusat saja ya, karena kalau dilihat data yang kalian input sudah benar kok.

      Hapus
    2. cut shabilla irvany5/14/2013

      Oke kak. Ditunggu kabar selanjutnya ya kak. Terimakasih :)

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. IT semalam sudah balas, ditunggu kabarnya hari ini, api kalau sampai hari Jumat belum bisa dibenerin sistemnya, adik print saja seadanya, direvisi manual. Nanti samapaikan ke pewawancaranya.

      Hapus
  37. kak ada pertanyaan nih

    1. foto di transkip punyaku enggak hilang, malahan fotonya lebih besar dari ukuran pas photo 4x6 apa itu tidak apa-apa?

    BalasHapus
  38. No problemo. Memang seharusnya begitu. Saran kakak di awal tentang foto ditempel dikarenakan sistem dari pusat belum normal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi, gapapa kalo enggak ditempel? :D

      Hapus
  39. Anonim5/16/2013

    saya pengen lolos , ada lowongan gk :D

    BalasHapus
  40. Anonim5/16/2013

    Ka kalau rapot smp nya ga di legalisir bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajib dilegalisir kalau mau lolos sih.

      Hapus
  41. Anonim5/16/2013

    Ka kalau surat rekomendasi nya boleh di tipe-x ga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya isi surat rekomendasi? kenapa mesti ditip-ex, ditulis ulag saja, kan bisa print lagi. Itu surat harus otentik adik.

      Hapus
    2. Anonim5/17/2013

      Udah terlanjur ka , gimana donk ??
      Tpi masih bisa kebaca da ka .

      Hapus
  42. kaak aku nulis alamat rekomendasi ada yg slh dikit. boleh dibenerin manual ga? terus stofmapnya blh merk biola aja ga ka? aku udh cari kemana2 ga ada merk diamond :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dibenerin secara manual kalo hanya untuk alamat mah. Merk usahakan diamond,kalau ga dapet ya gimana lagi.

      Hapus
  43. Anonim5/17/2013

    Kak kalau surat rekomendasinya salah satu ada ygdiketik boleh gak? atau harus semuanya sama?

    BalasHapus
  44. Kak, mau nanya kak.
    SKHU UAS dan UAN SLTP itu memang selembar kan, kak?
    Dan satu lagi, kan "2 (dua) lembar salinan ijazah (STTB) beserta salinan nilai ijazah SLTP yang dilegalisir...", jadi maksudnya salinan bolak-balik halaman ijazah bukan? Terus yang dilegalisir itu bolak-balik halamannya atau depannya saja cukup?
    Maaf kak,banyak tanya...

    BalasHapus
  45. kak mau tanya... kalo AFS itu bayar ? bayarnya berapa kak ?

    BalasHapus
  46. Seperti yang kami jelaskan dalam setiap sosialisasi program, YES adalah full scholarship dan AFS adalah partial scholarship. Tapi Bina Antarbudaya memilih kandidat berdasarkan POTENSI DIRI bukan latar belakang ekonomi, jadi Binabud tidak pernah membicarakan besar biaya di depan. Hal ini hanya akan dibahas setelah seleksi tahap III selesai dimana saat itu sudah terpilih peserta dengan potensi diri terbaik dari sekian banyak peserta. Adalah SANGAT BIAS bila kami membicarakan biaya di awal seleksi seperti ini, karena semampu apa pun ekonomi adik kami tidak akan memilih adik bila adik tidak memiliki potensi diri terbaik :)
    Jadi sebaiknya adik fokuskan diri maksimal berjuang di seleksi ini dulu ya.

    BalasHapus
  47. Anonim5/25/2013

    Ka,pengumuman seleksi tahap 2 kapan ??

    BalasHapus
  48. 1) Adik yang ganteng/cantik, lain kali tuliskan nama kalo tanya ya. Be polite, please.

    2) Hasil seleksi II max diumumkan seminggu sebelum 9 Juni 3013 (seleksi III). Be patient ya :)

    BalasHapus
  49. Kak, Saya Gilang dr Subang. Di akun Saya sdh ada pengumuman hasil seleksi tahap 2, dan saya gak lulus Kak. Pengumumannya yg bener yg skrg atau yg bulan Juni nanti ya kak? mohon balas Kak. Trims....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kami masih mengolah data hasil seleksi II, jadi sama sekali belum ada pengumuman. Kemungkinan tampilan tsb muncul karena faktor sistem yang kakak harus koordinasi dengan kantor nasional dulu. Thanks untuk infonya ya Gilang :)

      Hapus
    2. Iya, kalo ga salah, memang ditetapkan begitu kalo di nasional, kalo belum ada pengumuman atau konfirmasi dari ybakarawang, pasti dicantumkan ga lulus, kalo ga percaya, tanya2 aja kenalan2 kamu yang ikut program ini. Pengumuman resmi akan diupload di blog ini. Jadi pantenginnya situs yang ini aja. Oke oke? CMIIW sih :3

      Hapus
    3. Kakak sudah koordinasi dengan IT kantor nasional. Seharusnya hal tsb tidak terjadi, karena informasi jadi menyesatkan. Kemungkinan karena ada masalah sistem. Akan diatasi oleh kakak2 yang ganteng di kantor nasional.

      Betul kak Bajra, patokannya adalah pengumuman di blog ini. Tx u/ Kak Bajra yang juga ganteng :)

      Hapus
  50. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus